Jumat, 23 November 2018

Telkom University


Salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung adalah Telkom University atau Universitas Telkom atau Tel-U (yang di baca telyu). PTS ini berlokasi di Jalan Telekomunikasi ters. Buah Batu Bandung. Telkom University berdiri pada tanggal 14 Agustus 2013 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nomor 309/E/0/2013.
Universitas Telkom adalah Perguruan Tinggi Swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), merupakan penggabungan dari empat Perguruan Tinggi Swasta, yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom). Telkom sendiri didirikan pada tahun 1990 sebagai STT Telkom dan MBA Bandung, lalu pada tahun 2013 menjadi Telkom University.
Institut Teknologi Telkom sebelumnya adalah Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom). Institut Manajemen Telkom sebelumnya adalah Sekolah Tinggi Manajemen dan Bisnis Telkom (STMB Telkom). STT Telkom dan STMB Telkom didirikan pada tahun 1990 atas prakarsa PT. Telkom yang saat itu dipimpin oleh Direktur Utama Ir. Cacuk Sudarijanto. Kedua sekolah tinggi tersebut merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang memiliki kekhususan pendidikan dalam bidang industri pertelekomunikasian serta teknologi informasi.

Di Telkom University atau kami menyebutnya dengan Tel-U sudah banyak memiliki penghargaan yang dicapai oleh dosen maupun mahasiswanya. Pencapaianya yang didapat oleh Tel-U dari berbagai bidang pendidikan teknologi maupun bidang olahraga. Mahasiswa yang mempunyai skillnya di suatu bidang dapat bergabung dengan UKM (Unit Kreatifitas Mahasiswa) yang sesuainya dengan kemampuannya masing-masing. Oleh karena itu, mahasiswa Tel-U dapat berkembang dengan pesat, karena Tel-U mempunyai segudang wadah untuk menampung mahasiswa yang dapat mempelajari atau mengasah skillnya masing-masing.
Tel-U memiliki prestasi yang cukup gemilang, yaitu menjadi universitas swasta terbaik pertama di indonesia dan tidak kalah juga dengan perguruan tinggi negeri yang bonafide yakni berada di posisi 10 sebagai universitas terbaik se indonesia. Tidak hanya pada level institusi saja tapi di level non akademik, Tel U sering kali mendapatkan juara, seperti kontes robotik hingga UKM Choir (Paduan Suara) Tel-U yang meraih juara di kompetisi soegijapranata Choral festival 2018 di Eropa. Telkom University juga sudah banyak meraih penghargaan, diantaranya pada awal juli lalu telah meraih peringkat 1 SINTA (science and technology index) dari Kemenristekdikti, selain itu Telkom university juga meraih peringkat pertama universitas swasta

Menurut saya, hal yang menjadi keunggaln dari Tel-U dibanding kampus lainnya adalah kampusnya yang merupakan kampus berteknologi tinggi dan telah ter Akreditas A oleh BAN-PT, Tel-U sendiri menduduki peringkat ke sepuluh terbaik universitas se-Indonesia dilansir dari IDN TIMES, serta para mahasiswa baru yang diwajibkan untuk tinggal di Asrama selama satu tahun dan Asrama Tel-U sendiri berada didalam lingkungan kampus dan lokasinya dekat dengan gedung perkuliahan, hal ini tentu saja berbeda dari kampus lain yang kebanyakan jarak asrama ke kampus sangatlah jauh.


Di tahun pertama Anda (maba atau miba) akan diwajibkan untuk tinggal di asrama Tel-U, memiliki tujuan baik yakni untuk mengenalkan kehidupan kampus dan membekali kita untuk hidup lebih mandiri. Asrama ini dibagi menjadi 2 yaitu asrama putri yang terdiri dari 8 gedung dan asrama putra yang terdiri dari 10 gedung, setiap asrama ada penjaganya atau yang biasa disebut dengan Help Desk, dan di setiap asrama mempunyai senior residence atau kaka tingkat yang tinggal di asrama untuk bertanggung jawab dalam menegakkan tata tertib di asrama.
Di setiap lantai memiliki lobby dan difasilitasi wifi dan tv. Di setiap kamar difasilitasi kasur untuk 4 orang penghuni, meja belajar per orang, dan setiap kamar memiliki kamar mandi masing-masing. Lokasinya yang MeWah (Mepet Sawah) menambah kesan estetis dan kita dapat melihat indahnya sunset, sunrise, dan juga indahnya bintang malam. Letaknya yang berada dalam lingkungan kampus, memudahkan kita menjangkau gedung perkuliahan.



Sekian yang bisa saya ceritakan tentang Telkom University. Jika anda ingin mendapatkan informasi lebih banyak tentang kampus Telkom University, silahkan kunjungi website resminya di https://telkomuniversity.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar